Review : Lenovo a516


Lenovo mengeluarkan species Android baru mereka menggunakan OS Android Jellybean 4.2.2, Spesifikasi yang cukup bagi pengguna smartphone kalangan low-end dibandrol dengan harga yang cukup murah yaitu di kisaran 1,5jt - 1,6jt. Hal ini memungkinkan Lenovo dapat mengambil minat pasaran para pengguna smartphone dengan budget yang rendah. Spesifikasi yang cukup memumpuni dengan Processor Dual-Core 1,3 GHz ditambah RAM sebasar 512 MB untuk penggunaan berbagai aplikasi. Berikut spesifikasi dari Lenovo a516.

Kelebihan Lenovo A516
Dimensi Lenovo A516 terbilang tipis dan lumayan ringan yaitu 133 x 66.7 x 9.9 mm berat 146 gr. Desain juga ergonomis dimana bagian depan dibalut dengan material plastik glossy. Untuk memberi kenyamanan dalam genggaman, bagian belakang cover diberi sentuhan dof sehingga tidak licin di tangan. Diluncurkan untuk memenuhi kebutuhan pasar low end, phablet ini berkemampuan dual SIM GSM-GSM dengan layar luas 4.5 ich beresolusi 480 x 854 pixels. Teknologi layarnya memakai IPS yang dikenal menampilkan gambar dengan kualitas baik, dilihat dari berbagai sudut kemiringan. Warnanya terlihat jelas dan natural. Inilah yang menjadi salah satu kelebihan Lenovo A516. Untuk mendukung performa dalam operasi multitasking, phablet ini bekerja dengan prosesor Dual-core 1.3 GHz didukung dengan MTK 6572 serta RAM sebesar 512 MB. Meski tidak begitu istimewa namun perpindahan antar aplikasi mampu berjalan mulus tanpa lag. Konektifitas untuk transfer data cukup lengkap. Anda disuguhkan dengan WiFi baik untuk internet maupun sebagai hotspot WiFi. Fitur lainnya adalah adanya Bluetooth versi terbaru yaitu v4.0 dan microUSB v2.0. Lenovo A516 tidak bisa dipandang remeh ketika menghasilkan jepretan kamera. Kamera mampu menghasilkan gambar berukuran 5MP (2592 x 1944 pixels). Fitur yang dibawa adalah Geo-tagging, panorama, smile detection, panorama. Selain kamera utama juga dibenamkan kamera depan kualitas VGA. Anda tidak perlu terlalu kuatir phablet ini boros baterai. A516 dibekali dengan baterai Li-Po berkapasitas daya 2000 mAh. Baterai ini diklaim mampu bertahan pada kondisi standby selama 552 jam dan talktime selama 18 jam.
Kekurangan Lenovo A516
Slot microSD untuk tambahan kapasitas penyimpanan up to 32 GB tidak hotswap. Untuk menanam atau mengganti microSD, Anda perlu melepas terlebih dahulu baterai karena posisi slot microSD berada di bawah baterai.Untuk sementara beberapa pengguna mengeluhkan tidak bisanya Lenovo A516 untuk mentransfer aplikasi ke microSD. Ketidakmampuan ini mungkin akan diperbaiki oleh pihak Lenovo melalui update berikutnya. Untuk saat ini hanya file music, video, photos dan document yang bisa dipindahkan ke slot microSD. Meski dual GSM, sayangnya hanya 1 slot utama saja yang mendukung koneksi internet 3G. Sedangkan slot kedua hanya dapat menjangkau sinyal EDGE.
Perekaman video tidak menghasilkan rekaman yang memuaskan. Hal ini dikarenakan perekaman video hanya mampu menghasilkan rekaman kualitas VGA saja. Inilah yang menjadi salah satu kekurangan Lenovo A516. Phablet ini nampaknya hanya dikhususkan untuk pemakaian dengan aplikasi standar dan ringan. Bersosial media, browsing dengan beberapa tab sekaligus. Namun jika Anda berkeinginan untuk bermain game 3D pada Lenovo A516, nampaknya Anda harus berpikir ulang untuk membeli phablet ini. Hal ini dikarenakan phablet ini hanya bermodal kartu grafis Mali 400 GPU.

Eko

I'm Eko Rio Wibowo as Photographer, Traveler, Sleeper.Enjoy!
"Here I just want to work, not racing to create works that are forced. So I'll let the cameras, feeling, and my desire to play."

No comments:

Post a Comment